Saturday, April 19, 2014

Masa Lalu Yang ( Pahit ) Indah

Kalo bicara masalah masa lalu pasti deh bikin kita terbang – terbang ke imajinasi kita. Imajinasi tentang keinginan mengingat sesuatu di masa lampau atau bahkan keinginan untuk kembali untuk memperbaikinya. Kata beberapa orang mungkin masa lalu adalah hal – hal yang harusnya segera dilupakan, padahal di masa lalu banyak sekali pelajaran – pelajaran yang penting, misalnya aja kayak pelajaran mikrokontroller dan interfacing *lah*, maaf maaf gak fokus nih gara – gara masih keblinger gara tuh mata kuliah, mangap yeee... oke balik. Banyak orang yang kalo kita ngomongin masa lalu pasti bilangnya “waa gaiso move on”, “nyetir itu liat kaca depan wooy, bukan kaca belakang yang dilihat”, dan perkataan – perkataan lainnya. Maka dari itu ketika kita nyetir kita diberi teknologi yang namanya “spion” biar kita bisa lihat ke belakang tanpa noleh ke belakang *gayamu koyok isok nyetir ae mboon*. Jadi dari analogi saat kita nyetir bisa diartikan kalau masa lalu itu memang bukan dibuat dilihat terus – terusan, tapi untuk dilihat sesekali agar kita bisa jaga diri kita dari marabahaya.
Pernah nggak kalian ketika inget – inget masa lalu kalian, masa – masa dimana kalian melakukan kesalahan yang nggak seharusnya kalian lakukan. Misal puppy dengan tidak disengaja saat TK atau yang lain deeh. Di saat seperti itu pasti pengen banget kan ya punya mesin waktu kayak doraemon biar kalian semua bisa menjelajah waktu kemana pun dan kapan pun. Nah ini aku mau ceritain nih bagian – bagian mana aja yang pengen banget buat aku ulangi untuk aku perbaiki di masa lalu ku yang kelam

1. Jadi anak  yang sombong dan pembohong
Wildan yang kalian kenal saat ini bukan lah wildan yang dulu saat smp teman – teman. Bukan, bukan karena alaynya, semua anak smp juga pernah alay kalee broo. Bukan karena alaynya tapi karena dulu suka banget buat nyombong – nyombongin sesuatu yang aku bahkan tidak pernah memilikinya. Dan kelakuanku yang seperti itu tidak membuatku mendapatkan lebih banyak teman, justru musuh yang aku dapetin. Dari situ aku sadar saat SMA dan menjadi orang yang jadi diri sendiri aja. Toh dengan diri kita sendiri kita masih memiliki sahabat – sahabat yang menemani kalian melakukan hal – hal bodoh :’).

2. Nyalonin diri jadi Ketua 1 Osis
Pasti beberapa dari kalian bakal bilang “what ? wildan jadi ketua osis ?”, atau “turut berduka deh sama siswa yang milih wildan”. Kalem aja bro aku udah biasa kok mendengar kata seperti itu, udah kebal deh aku. Banyak faktor sih kenapa aku sampai nyesel jadi ketua 1 osis dulu. Kayak jadi kurang bisa membagi waktu antara akademik dan organisasi, lalu ngerasa aku bukanlah sosok yang pas sebenarnya jadi seorang pemimpin kala itu karena memang aku nggak pernah punya dasaran organisasi sama sekali. Dan yang terakhir gara-gara jadi ketua 1 osis jadi seret jodoh deh soalnya gak laku pengen fokus sama organisasi. well, Setidaknya aku dapet pengalaman dan teman karena semua itu.

3. Penakut menyatakan perasaan
Kalo udah bilang perasaan gini bawaannya pasti jadi serius deeh hehe. Iya memang sih beberapa kisahku selalu kandas cuman karena aku kurang berani dalam menyatakan perasaan. Sebenarnya bukannya belum berani seeh, tapi selalu aja banyak pertimbangan saat pengen menyatakan perasaan sama doi. Jadi siklus kejadiannya itu selalu seperti ini. Belum kenal > kenalan > jadi temen > deket > aku belum berani menyatakan perasaan > aku dibilang php > jadi temen lagi. Dan siklus seperti itu berjalan dengan terus menerus.

4. Kurang peka aja sama pasangan
Kan bener kan, kalo ngomongin perasaan gini bawaannya jadi serius pasti. Oke untuk yang satu ini aku lakuin pas masih berpasangan waktu kuliah. Yah emang sih waktu itu kita waktu itu berada di tempat yang berjauhan yang memungkinkan buat kita untuk saling tidak mengerti keadaan. Tapi seharusnya bukan jarak sih yang aku salahin, tapi diriku sendiri yang kurang peka dalam menyikapi jarak yang ada. Ketika aku buka-buka lagi DM ku dengannya terlihat banget kalau aku masih belum bisa peka saat menjadi manusia berpasangan. Kalo boleh aku kembali, pengen banget aku kembali ke masa itu buat mbenerin semuanya. Tapi mau apa dikata dia sudah bahagia dengan yang disana. Pesenku cuma satu sih, kopi item tanpa gula pergilah carilah apa yang ada di depanmu, tapi jangan pernah lupa akan ada aku di belakangmu untuk membantumu berlari ketika kamu terjatuh :)
          Memang dari masa lalu yang telah kalian alami kalian akan menyesal karena telah melakukan sesuatu yang salah. tapi langkah yang paling bijak dalam menyikapi itu semua adalah dengan menjadikan kegagalanmu yang pahit itu menjadi pelajaran yang indah. Dengan begitu akan lahir kegagalan yang indah. Indah karena disana terdapat banyak pelajaran yang bisa kita pakai untuk menjaga diri kita sendiri untuk tidak terjerumus di lubang yang sama. Itulah kisah – kisah dari aku yang bisa diceritakan tentang masa lalu yang pingin aku rubah. Kalo memang ada kisah yang akan kalian ceritakan, cerita aja di kolom komentar dibawah ini tapi bayar rek gak bayar kok.

                -Masa lalu itu terkadang memang indah dan terkadang memang pahit. Namun satu yang pasti, masa lalu itu penuh dengan pelajaran.-

1 comment:

  1. Tumben serius amat postingannya? Every people changes!

    ReplyDelete